Tutup DAPATKAN BUKU:

Karya Sastra, Seni Budaya, Jurnalistik dan lain sebagainya

Kontak: 081365007573


Riau

Rumit, Syarat CPNS

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Banyaknya persyaratan yang harus dipenuhi saat mengakses website panselnas Menpan membuat ratusan pelamar CPNS kebingungan. Hal ini terlihat di hari pertama, Sabtu (20/9) sa

Pekanbaru

Pesawat Dara Air Meledak di Bandara SSK II P ...

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Pesawat Dara Air jenis B737-900-ER dengan nomor penerbangan DRA 128 route Jakarta-Pekanbaru meledak dan terbakar di  shoulder area Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanb

Nasional

Kalau Ada Jatah-jatahan, Bukan Koalisi Tanpa ...

Pasangan presiden-wapres terpilih, Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Foto: dok.JPNN JAKARTA - Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya menilai, ada sisi positif dan negatif dari pengumuman komposisi menteri yang disampaikan

OPINI PEMBACA

Redesign Pilkada

Pertama, pijakan kita tentu berangkat dari uji materi judicial review/JW) UU Nomor 42/2008 tentang Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (PPWP) oleh Koalisi Masyarakat Sipil (Effendi Gazali) pada 2013 lalu. Salah satu poinnya, meminta MK membatalkan sejumlah pasal dalam UU tersebut. Yaitu Pasal 3 ayat (5) UU PPWP yang menyatakan; Pilpres dilaksanakan setelah pemilu DPR, DPD, dan DPRD....


Aneh, Muncul Saat Peringatan Tiga Tahun Gempa 30 S

Dua Hari, Halo Matahari Cemaskan Warga Padang

Rabu, 03 Oktober 2012 11:32 | Nusantara | Nusantara | Redaksi


 

PADANG - Astaga, selama dua hari berturut-turut Minggu (30/9) dan tadi siang Senin (1/10) terjadi penomena alam berupa halo matahari. hari ini Senin (1/10) fenomena halo matahari kembali terjadi di Kota Padang, yang diketahui warga Tiga Ruang, Lubuk Lintah Padang pukul 11.30 WIB. Fenomena ini membuat warga Kota Padang semakin takut, karena biasanya dengan kemunculan halo matahari ini, pertanda akan terjadi bencana alam. Namun, hingga saat ini Kota Padang masih dalam keadaan aman-aman saja.

 

Pada umumnya, bencana yang terjadi di Kota Padang ini diawali dengan munculnya halo matahari, hal inipun dijelaskan oleh warga Djaya (42) pekerja penjual minyak kelapa, "seingat saya, kejadian yang terjadi di Mentawai tahun lalu, di awal dengan halo matahari, dan kalau tidak salah bencana yang gempa yang terjadi di Kota Padang tahun 2009 lalu juga diawali dengan adanya halo matahari," katanya, yang seharian menjemur kelapa tua, untuk dijadikan minyak goreng, Senin (1/10).

 

Di samping itu, ada warga yang mempercayai bahwa dengan adanya kemunculan halo matahari ini, bakal akan terjadi bencana alam, "menurut cerita dari nenek moyang kita dulu, bahwa fenomena halo matahari yang terjadi ini, sebagai pertanda akan terjadi bencana alam," ungkap Sasri (36), warga yang ikut menyaksikan halo matahari.

 

Para ahlipun menjelaskan tentang fenomena ini. Fenomena halo adalah lingkaran cahaya seakan-akan pelangi yang mengelilingi Matahari atau Bulan. Ia adalah sejenis fenomena optik yang menampilkan bentuk cincin di sekitar sumber cahaya. Di alam biasanya kita lihat saat bulan purnama atau saat matahari terang di siang hari.

 

Terdapat banyak jenis halo, tetapi kebanyakannya terjadi kibat refleksi dan refraksi cahaya matahari/bulan dari kristal es dalam awan sirus sejuk yang terletak pada ketinggian 5–10 km di lapisan troposfera atas sekitar 5-10km dari permukaan bumi.

 

Halo sangat besar dan selalu mempunyai diameter yang sama dalam posisinya di langit. Kadang-kadang hanya sebagian saja yang muncul. Semakin kecil cincin cahaya yang terbias muncul mengelilingi matahari atau bulan dihasilkan oleh corona dari lebih banyak titisan air daripada dibiaskan oleh es kristal.

 

Hingga berita ini diturunkan, fenemona halo matahari ini sudah menghilang, saat adzan zuhur berumandang Jika dilihat pada saat terjadi halo matahari kemarin, fenomena ini terjadi hingga pukul 14.00 WIB. Tapi, apakah benar Kota Padang ini bakal datang bencana atau tidak, hanya Allah yang berhak atas semua ini. 

 

Muncul di Hari Peringatan Tiga Tahun Gempa 30 S

 

Sebelumnya, kemarin Ahad (30/9) ditengah kota Padang mempersiapkan acara untuk mengenang tragedi gempa 30 September 2009 silam. yang rencanaya akan dipusatkan di kawasan Tugu Monumen gempa di jalan Gereja, kota Padang. Pagi itu masyarakat di hebohkan dengan fenomena alam Halo Matahari (Cincin Matahari), yang menyelimuti langit kota Padang.

 

Halo Matahari , merupakan fenomena optik yang menampilkan bentuk cincin di sekitar sumber matahari, seperti berbentuk mata/optik dan disekitarnya ada warna-warni seperti pelangi. Fenomena Halo Matahari di tanggapi beragam oleh warga kota Padang, ada yang cemas dan ada yang menganggap hal ini biasa-biasa saja.

 

Namun kecemasan sebagian warga kota Padang bukanya tidak berlandasan, seperti pengalaman-pengalaman sebelumnya, fenomena Halo Matahari sempat membuat warga Padang cemas. Warga mengaitkan kemunculan cincin matahari itu sebagai pertanda gempa, karena kebetulan beberapa hari sebelum gempa 30 September 2009 silam, muncul Halo Matahari di langit kota Padang.

 

kehadiran Halo Matahari juga ramai diperbincangkan para pengguna jejaring sosial seperti twitter dan facebook, tanggapan mereka bermacam, ada yang biasa-biasa saja, namun banyak juga yang khawatir dengan fenomena alam ini.

 

Namun tak semuanya cemas akan fenomena ini, M Yuyuf (65), salah satu warga mengatakan, "ini adalah hal yang biasa, tak perlu lah terlalu dicemaskan," ujarnya(*/ptd/rpg)

 



Komentar

Jadilah yang pertama memberi Komentar
Sudah Daftar ? Silakan Login.
Nama :
*
Email :
*
Kode Keamanan

Komentar :

Tersisa karakter.

Check PageRank