Tutup DAPATKAN BUKU:

Karya Sastra, Seni Budaya, Jurnalistik dan lain sebagainya

Kontak: 081365007573


Riau

Rumit, Syarat CPNS

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Banyaknya persyaratan yang harus dipenuhi saat mengakses website panselnas Menpan membuat ratusan pelamar CPNS kebingungan. Hal ini terlihat di hari pertama, Sabtu (20/9) sa

Pekanbaru

Pesawat Dara Air Meledak di Bandara SSK II P ...

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Pesawat Dara Air jenis B737-900-ER dengan nomor penerbangan DRA 128 route Jakarta-Pekanbaru meledak dan terbakar di  shoulder area Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanb

Nasional

Kalau Ada Jatah-jatahan, Bukan Koalisi Tanpa ...

Pasangan presiden-wapres terpilih, Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Foto: dok.JPNN JAKARTA - Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya menilai, ada sisi positif dan negatif dari pengumuman komposisi menteri yang disampaikan

OPINI PEMBACA

Redesign Pilkada

Pertama, pijakan kita tentu berangkat dari uji materi judicial review/JW) UU Nomor 42/2008 tentang Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (PPWP) oleh Koalisi Masyarakat Sipil (Effendi Gazali) pada 2013 lalu. Salah satu poinnya, meminta MK membatalkan sejumlah pasal dalam UU tersebut. Yaitu Pasal 3 ayat (5) UU PPWP yang menyatakan; Pilpres dilaksanakan setelah pemilu DPR, DPD, dan DPRD....


Formasi CPNS Riau Belum Disusun

Kamis, 23 Februari 2012 14:21 | Riau | Riau Pos




PEKANBARU - Meski telah di-deadline oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi (Menpan-RB), Pemerintah Provinsi Riau belum menyusun formasi CPNS tahun 2012. Begitu juga seluruh kabupaten/kota di Bumi Lancang Kuning. Namun pihak BKD Riau segera melakukan langkah-langkah untuk menyusun formasi PNS ini.

Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Administrasi dan Kepegawaian Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau, Suratno kepada Riau Pos, Rabu (22/2). ‘’Kita memang sudah dapat informasinya. Namun kita belum dapat surat resmi dari pusat. Sehingga progres lanjutan belum dilakukan,’’ tuturnya.

Kendati demikian, dia mengaku telah berkoordinasi dengan pimpinan dan berupaya mengambil langkah proaktif. Dengan mempersiapkan berbagai poin penting yang diperlukan menjelang perekrutan aparatur pemerintah tersebut.

‘’Sebelum menyusun formasi, ada empat poin penting yang harus dipenuhi. Ini yang kita siapkan. Jadi kalau pusat sudah melayangkan surat, kita sudah siap untuk memberikan formasi CPNS,’’ ulas Suratno.

Empat poin tersebut, menurutnya antara lain analisis jabatan, analisis beban kerja, harus punya peta jabatan dan punya prediksi untuk lima tahun ke depan. Dari empat poin tersebut, baru dapat dirumuskan formasi yang diperlukan oleh instansi pemerintah.

Saat ditanyakan mengenai waktu yang diperlukan untuk pembahasan empat langkah tersebut, dia mengatakan hal itu tentunya memerlukan waktu yang tidak singkat. Kendati demikian, dia optimis ini dapat diselesaikan dalam dua bulan terakhir.

‘’Untuk kabupaten/kota se-Riau, kita belum tahu progresnya, karena belum ada laporan. Hanya saja, untuk Provinsi Riau, kita sudah kumpulkan seluruh dinas dan badan di Riau untuk melakukan empat tahapan tersebut. Kita berharap ini dapat berjalan seperti yang ditargetkan,’’ tuturnya.

Bahkan, sebagai langkah antisipasi beberapa waktu ke depan, pihaknya akan melakukan workshop dengan mengundang pihak BKN dan Menpan. Dalam kesempatan tersebut, seluruh kabupaten/kota akan diundang untuk meningkatkan pemahaman tentang analisa jabatan dan bebebrapa poin penting lainnya.

Lebih jauh saat ditanyakan gambaran formasi yang diajukan, dia mengaku belum dapat memberikan kepastian. Hanya saja, sebagai gambaran, pihak Pemprov Riau masih sangat memerlukan tenaga kesehatan. ‘’Kita tunggu hasil analisa jabatannya dulu. Yang pasti tahun lalu sekitar 520 formasi untuk tenaga kesehatan, tenaga pendidikan dan tenaga teknis,’’ terang Suratno.(rio/rpg)



Komentar

Jadilah yang pertama memberi Komentar
Sudah Daftar ? Silakan Login.
Nama :
*
Email :
*
Kode Keamanan

Komentar :

Tersisa karakter.

Check PageRank