Tutup DAPATKAN BUKU:

Karya Sastra, Seni Budaya, Jurnalistik dan lain sebagainya

Kontak: 081365007573


Riau

Wagubri Terima Penghargaan Pengelolaan Keuan ...

SERAHKAN PENGHARGAAN: Wakil Presiden RI Boediono menyerahkan penghargaan kepada Wakil Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman di Jakarta, Jumat (12/9/2014). JAKARTA (RIAUPOS.CO) - Wakil Presiden (Wapres) RI Boediono, memberikan penghargaan atas pengelolaan keuangan daerah yang akuntabel kepada Provinsi R

Pekanbaru

Tarif Dinaikan, Hari Ini Listrik Dipadamkan ...

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) -  Harapan warga ada peningkatan pelayanan agar pelayanan PLN bisa meningkat pasca kenaikan tarif dasar listrik ternyata

Nasional

Mercy untuk Menteri Jokowi Dibatalkan

JAKARTA (RIAUPOS.CO) - Karena mendapat gelombang penolakan besar, Kementerian Sekretariat Negara (Setneg) membatalkan pembelian mobil Mercedes-Benz untuk kabinet Jokowi-JK nanti. Setneg menyerahkan

OPINI PEMBACA

Redesign Pilkada

Pertama, pijakan kita tentu berangkat dari uji materi judicial review/JW) UU Nomor 42/2008 tentang Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (PPWP) oleh Koalisi Masyarakat Sipil (Effendi Gazali) pada 2013 lalu. Salah satu poinnya, meminta MK membatalkan sejumlah pasal dalam UU tersebut. Yaitu Pasal 3 ayat (5) UU PPWP yang menyatakan; Pilpres dilaksanakan setelah pemilu DPR, DPD, dan DPRD....


Klir, Izin Lokasi PLTU di Dumai

Rabu, 27 Juli 2011 16:10 | Dumai | Ekonomi | Riau Pos



Laporan M Nizar, Dumai


KABAR
baru untuk rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) 2x150 MW di Kota Dumai. Selasa (26/7) Wali Kota Dumai menandatangani surat keputusan pemberian izin lokasi untuk keperluan pembangunan PLTU di Kecamatan Sungai Sembilan Dumai dengan luas 40 hektare.


Surat keputusan Wali Kota Dumai nomor 173/Pertanahan/2011 tentang izin lokasi untuk keperluan pembangunan PLTU dan surat keputusan Wako Dumai 174/Pertanahan/2011 tentang pembentukan tim khusus pengawasan dan pengendalian pelaksanaan pembebasan tanah untuk PLTU 2x150 MW bersamaan di tandatangani.


Selain menandatangani izin lokasi pembangunan lokasi PLTU, Wali Kota Dumai juga menyetujui pembentukan tim khusus pengawasan dan pengendalian (Wasdal) pelaksanaan pembebasan tanah untuk pembangunan PLTU di Kecamatana Sungai Sembilan Dumai.


Ketua Tim Pembebasan Tanah Lokasi PLTU Dumai dari Pembangkit Sumatera Bagian Utara (Kitsu), Sarjono Damanik kepada Riau Pos Selasa (26/7) menjelaskan, ini merupakan langkah maju untuk rencana pembangunan PLTU 2x150 Mw di Kota Dumai.


Surat permohonan dari PT PLN Kitsu nomor 156/040/KITSBU/2011 tentang permohonan izin lokasi tanah di Kelurahan Tanjung Penyembal Kecamatan Sungai Sembilan Kota Dumai, untuk PLTU 2x150 Mw sudah di tandatangani Wali Kota Dumai sebagai tuan rumah atas rencana PLN membangun PLTU di Kota Dumai.


Selanjutnya, melaksanakan tujuan di atas, melalui tim Wasdal, dalam waktu yang tidak terlalu lama, lahan yang sudah disetujui Wali Kota Dumai, hitam diatas putih akan segera selesai. Dengan demikian jika tahap ini sudah selesai, Kitsu dapat pula melanjutkan pembangunan kontruksi untuk PLTU tersebut.


‘’Iya benar, Pak Wali Kota Dumai H Khairul Anwar sudah menandatangani izin lokasi PLTU. Banyak terima kasih dari kita, diharapkan proses membebaskan lahan itu tidak akan memakan waktu yang lama,’’ kata Sarjono
.

Berdasarkan hasil risalah pertimbangan teknis penatagunaan tanah dari Kantor Pertanahan Kota Dumai, 21 Juli 2011, dinyatakan bahwa lokasi yang dimohon secara teknis dapat dipertimbangkan untuk disetujui, dengan ketentuan tanah itu untuk pembangunan PLTU 2x150 Mw.


Sedangkan untuk Wasdal dalam permulaan pembebasan lahan diperlukan untuk benar-benar menyatakan lokasi pembangunan PLTU itu selesai, dengan artian tidak akan ada masalah di kemudian hari.


‘’Tim Wasdal ini terdiri dari Wali Kota Dumai sebagai pengarah, Sekda Dumai sebagai ketua, Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemko Dumai, Kepala Kantor Pertanahan, Kabag Administrasi dan Pertanahan, Kepala Bapeda, Kadis PU, Kadistanbunhut, Kepala KLH Dumai, Kabag Hukum, Kabag Pemerintahan, Camat Sungai Sembilan, Lurah Tanjung Penyembal, dan dari PLN sendiri, semua akan bekerja sama dalam Wasdal,’’ katanya.


Dijelaskan Sarjono, saat ini juga di pusat sedang dilakukan aktivitas tender untuk PLTU 2x150 MW di Kota Dumai. ‘’Jadi begitu lahan PLTU Dumai selesai, pemenang tender untuk melakukan pekerjaan pembangunan PLTU langsung dilakukan. Jadi tidak menunggu terlalu lama, selesai lahan di Dumai, pemenangnya sudah ada,’’ sebut Sarjono yang didampingi Asmen SDM PLN Cabang Dumai Imam Mursid.


Menurutnya, 17 Agustus 2011 kalau bisa masalah lahan ini sudah selesai, 31 Januari 2012 izin Amdal PLTU sudah selesai. ‘’Untuk pembangunan paling lama akan memakan waktu selama 2 tahun,’’ tegas Sarjono.


Wali Kota Dumai H Khairul Anwar kepada Riau Pos, Selasa (26/7) menyambut baik rencana Kitsu untuk membangun PLTU 2x150 MW di Kota Dumai. ‘’Dampak positifnya sangat banyak untuk Kota Dumai, jadi hal-hal yang seperti ini patut kita dukung. Kami akan selalu memberikan kemudahan,’’ kata Wali Kota Dumai.(rpg)



Komentar

Jadilah yang pertama memberi Komentar
Sudah Daftar ? Silakan Login.
Nama :
*
Email :
*
Kode Keamanan

Komentar :

Tersisa karakter.

Check PageRank